pengenalan permainan matematika AUD

1, 2, 3, Ayo Berbaris !
TUJUAN PEMBELAJARAN
Anak – anak akan :
1. Belajar menghitung angka 1 – 5
2. Belajar mengurutkan angka

KOSA KATA
Nama angka 1 – 5 mengamati urutan
YANG DILAKUKAN
1. Tunjuklah 5 anak untuk berdiri di depan kelas dan memegang kartu.
Bantulah mereka berbaris sesuai urutan angka.
2. Mintalah anak – anak yang lain untuk menutup mata mereka. Ketika mata mereka tertutup, pindahkan satu dari 5 anak yang berdiri di depan ke posisi yang berbeda, sehingga angka – angkanya tak lagi berurutan.
3. Mintalah anak – anak untuk membuka mata mereka dan menunjuk anak yang tidak pada urutan semestinya. Bila sudah ditemukan dan dikembalikan ke posisi yang benar, berhitunglah 1 – 5 dengan suara yang keras bersama – sama.
4. Ulangi aktivis tersebut, pindahkan anak yang lain dalam barisan. Setelah beberapa putaran, bentuk barisan dengan anak – anak yang lain.

TIPS GURU
• Tempelkan kartu angka pada benda – benda kelas agar anak – anak dapat meletakkannya dalam urutan yang tepat : bangku, mainan truk, kotak krayon. Tambahkan angka 6 – 10 bila anak – anak sudah menguasai angka 1 – 5 dengan lancar.

PENILAIAN
Untuk mengevaluasi apa yang sudah dipelajari oleh anak – anak, pertimbangkan hal – hal berikut :
• Bisakah setiap anak mengurutkan kartu angka dengan benar ?
• Bisakah anak – anak dengan mudah menunjuk anak mana yang tidak sesuai dengan urutannya dalam barisan ?
Menerjang Angka
TUJUAN PEMBELAJARAN

Anak – anak akan :
1. Berpartsipasi dalam permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik.
2. Belajar mengenali angka dari bentuknya.
3. Belajar mengenal aturan dalam permaian.

KOSA KATA

Menerjang nama – nama angka

PERSIAPAN

• Tuliskan angka – angka dengan ukuran yang besar di beberapa titik di lantai yang rata. Pastikan jumlah setiap angka sama dengan jumlah anak.

YANG DILAKUKAN

1. Jelaskan pada anak – anak bahwa anda akan menyebutkan satu angka. Setelah mendengarnya, mereka harus bergegas ke angka tersebut dan berdiri diatasnya. Namun, mereka harus menunggu dan tidak boleh bergerak sampai anda selesai menyebutkan angka tersebut.
2. Mintalah anak – anak yang telah berhasil menemukan angka untuk bersorak dan membantu temannya yang masih mencari angka.
3. Ajakla anak – anak untuk meneriakkan angka – angka secara bergiliran.

TIPS GURU

• Gunakan kapur berwarna gelap bila lantai berwarna terang dan lakukan sebaliknya untuk lantai yang berwarna gelap.
• Tempatkan angka – angka dengan jarak yang cukup lebar, sehingga anak – anak tidak saling berbenturan. Angka – angka dalam permainan ini dapat diubah menjadi bentuk huruf, dan warna.

PENILAIAN

Untuk mengevaluasi apa yang sudah dipelajari oleh anak – anak, pertimbangkan hal – hal berikut :
• Bisakah anak – anak menemukan angka tanpa / sedikit bantuan ?
• Bisakah anak – anak mengikuti aturan hanya dengan sedikit panduan ?

Tinggalkan komentar